Home / Travel / White Sand Island, Bintan – Kepulauan Riau

White Sand Island, Bintan – Kepulauan Riau

Pulau Bintan sepertinya menjadi salah satu primadona tujuan wisata di Kepulaun Riau atau lebih familiar dengan sebutan Kepri. Seakan tempat wisata baru nan indah tidak ada habisnya salah satunya adalah tempat berikut ini, Pulau Beralas Pasir atau White Sand Island. Berikut laporan perjalanan dari salah satu traveller aktif Kepri @ekahandaa
Mengunjungi Pulau Bintan seakan menjadi obat yang mujarab bagi warga Kota Batam seperti saya. Pasalnya pulau yang satu ini menyimpan beragam wisata tersembunyi yang seolah tak pernah habis untuk diexplore. Saat saya kembali ke Batam, selalu saja ada update tempat baru dari para Instagrammer Bintan. Entah itu wisata alam atau wisata buatan, seperti Danau Lagoi Bay, Lantern Garden yang bisa dinikmati saat malam hari, Hutan Jati Tembeling, Bukit zaitun Tuapaya, Danau Sikuning, Laman Boenda, dll.
Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau. Secara administratif, Provinsi Kepri sudah lama terpisah dari Provinsi Riau, tapi sampai detik ini, masih saja ada yang salah paham mengenai Kepri. Kepri masih dianggap sebagai bagian dari Riau. Bahkan ibukota Provinsi Kepri yang terletak di Tanjung Pinang masih sering dikira Pangkal Pinang. Ini bukan candaan semata, nyatanya ada saja beberapa orang yang salah mesanan tiket pesawat. Tujuan Tanjung Pinang, tapi malah terpesan tiket pesawat ke Pangkal Pinang.
Salah satu spot foto instagramable di White sand Island
Airbag berjejer dengan payung warna warni
Minggu pertama di bulan Maret, saya mengunjungi Pulau Beralas pasir yang nama lainnya adalah White Sand Island. Bagi yang butuh sewa mobil di Tanjung Piang, bisa menghubungi no ini, 0813 6159 2025. Biaya sewa mobil 250rb ditambah untuk bensin 100rb. Pelabuhan menuju White Sand Island terletak di Jl Trikora KM 38 – Bintan. Dari pelabuhan, kita harus menyeberang dengan menggunakan boat sekitar 10 menit. Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh, sebelum sampai ke KM 38.
Dari Batam
Menggunakan kapal Ferry dengan durasi 1 jam menuju pelabuhan Tanjung Pinang, kemudian dilanjut dengan berkendara sekitar 1 jam menuju pelabuhan penyebrangan White Sand Island.
Dari Singapore 
Menggunakan kapal Ferry dari Pelabuhan Tanah Merah menuju pelabuhan tanjung pinang. kemudian dilanjut dengan berkendara sekitar 1 jam menuju pelabuhan penyebrangan White Sand Island.
Dari luar Batam & Singapore 
Menggunakan pesawat tujuan Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, kemudian dilanjut dengan berkendara sekitar 40 menit menuju pelabuhan penyebrangan White Sand island.
Pohon pinus bikin suasana makin syahdu
Disini terdapat mini shop dan tempat penyewaan baju adat, untuk 1 pax baju dikenakan biaya 100rb, 2 pax dikenakan biaya 150rb, pengunjung bisa mencoba berfoto memakai baju tersebut, anti mainstream juga loh.
White Sand Island ini merupakan sebuah pulau pribadi yang dikelola oleh PT. Indobintan Trijaya dan dibuka untuk umum sejak 16 September 2015. Luasnya sekitar 6 hektar. Berpasir putih nan lembut dengan gradasi air laut berwarna hijau tosca dan biru. Terdapat pohon pinus disamping pantai, ayunan beraneka bentuk, airbag dangan payung warna warni, tempat bersantai dengan hiasan gantungan kerang laut, play ground untuk anak-anak, sebuah tempat makan dan beberapa pundok untuk menginap.
Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di sini, antara lain adalah snorkeling, diving, outbond games, barbeque, tur keliling pulau, bermain voli di pantai, berfoto dan meyaksikan tukik alias anak penyu, bermain kano transparan, dimana pengunjung bisa melihat terumbu karang dari atas tanpa menceburkan diri ke air. Bersantai sambil menikmati alam atau camping di pulau. Ada dua pilihan untuk menginap di pulau ini.
Camping
Untuk camping menggunakan tenda, dikenakan biaya 300rb, minimal 2 pax, sudah include dengan penjemputan, life jacket dan sarapan pagi. Selain itu kita juga bisa lebih merasa semakin dekat dengan alam.
Kampoeng House/Rumah Kampung
Menginap di rumah kampung dikenakan biaya 350rb, minimal 2 pax, sudah include dengan penjemputan, life jacket dan sarapan pagi. Rumah kampung cocok untuk yang menyukai suasana tenang.
Rumah kampung White Sand Island
Spot foto di White Sand Island
Tempat bersantai dihiasi gantungan kerang laut
 Lapangan Voli White Sand Island
Biaya yang dikenakan untuk berkunjung ke pulau beralas pasir adalah 150rb tanpa menginap, sudah include dengan life jacket dan biaya memasuki pulau. Untuk anak-anak yang berkunjung ke White Sand Island, dengan umur dibawah 3 tahun, biaya masuk adalah free, untuk umur 4-12 tahun dikenakan biaya setengah dari harga yang ditentukan. Selain melakukan beberapa aktivitas di pulau, kita juga bisa berfoto ria. Banyak spot foto keren dan instagramable di sini. Tentunya pengunjung bakal betah berlama-lama berkunjung ke pulau ini.
Daftar harga permainan & aktivitas di White Sand Island

Check Also

Event Tour De Kepri 2018

Pagelaran Tour De Kepri akan segera dimulai. Event berskala berskala internasional yang akan diadakan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: